Menjawab pertanyaan

Setelah mengetahui enneagram dan keguanaannya, kini kita bias mencoba bercermin diri, termasuk tipe karakter apa kita?
Lantaran suda begitu banyak ahli berkecimpung, menerbitkan buku, dan menyodorkan metode untuk mengetahui karakter denga enneagram, kita tinggal memilih mana sekiranya yang cocok.
Salah satunya adalah metode enneagram yang dikembangkan oleh Kathleen V.Hurley dan Theodore E. Dobson, What’s my type? Use enneagram System of Nine personality Types to discover Your Best self (Harper, San Fransisco 1991) caranya relative mudah. Kita diwajibkan menjawab 14 pertanyaan dengan tiga jenis pilihan jawaban. Keempat belas pertanyaan itu dibagi dalam dua kelompok pendekatan yang berbeda.
Tes pertama yang terdiri atas tujuh pertanyaan, menguji kepribadian kita mengenai pemecahan masalah. Hurley dan Dobson memilahnya untuk mengetahui sikap mental (A)gresif, (D)ependent, dan (W)ithdrawing. Sementara tes kedua yang terdiri atas tujuh pertanyaan dipakai untuk menguji sikapdan cara menghadapi kehidupan. Mereka memilahnya untuk mengetahui sikap (S)ubjugation, (M)ediation,dan (R)eduction.
Karena pertanyaan-pertanyaan tersebut didesain untukmengidentifikasi karakter, kita haru berhati-hati dalam memberikan jawaban. Kalau masih ragu-ragu dalam menentukan pilihan jawaban, pelajari kembali pertanyaan-pertanyaannya dengan lebih seksama. Ingatlah kembali pengalam masa lalu. Sangat mungkin bahwa tipe karakter yang tidak anda sukai ternyata justru terbukti milik anda. Disamping kiri anda ada 14 pertanyaan yang harus anda jawab dengan cara menandai huruf-huruf pilihan jawaban yang dirasa cocok.